• IAIN Palangka Raya
  • TIPD
  • IAIN Palangka Raya

Senin, 31 Juli 2017

Korodinasi Penjadwalan Mata Kuliah Teknologi Informasi


Palangka Raya - Pengaturan jadwal perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2017/2018 di lingkungan IAIN Palangka Raya telah masuk dalam tahap sinkronisasi antar fakultas. Terkait hal tersebut maka UPT Teknologi Informasi dan Pangkalan Data melaksanakan koordinasi semua fakultas bersama UPT Pengembangan Bahasa, UPT Ma’had Al jamiah dan Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga terkait penyusunan penjadwalan mata kuliah menggunakan Laboratorium Komputer pada tanggal 31 Juli jam 08.00-09.00 WIB di UPT Teknologi Informasi dan  Pangkalan Data. Kegiatan ini dihadiri oleh semua fakultas dan 2 UPT serta wakil rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga.

Pada semester ganjil, laboratorium komputer mayoritas digunakan untuk pembelajaran mata kuliah Teknologi Informasi. Terkait hal tersebut, karena penuhnya jadwal dan ruangan laboratorium komputer maka perlu dilakukan koordinasi penyusunan jadwal mata kuliah tersebut.

Dalam hal ini, UPT Teknologi Informasi dan Pangkalan Data merancang sebuah jadwal perkuliahan untuk mencover seluruh kelas agar tertampung dalam laboratorium komputer. Namun hal ini berbenturan dengan kegiatan yang dilaksanakan UPT Pengembangan Bahasa yaitu kegiatan pendampingan bahasa (Intensive Course) maupun kegiatan di Ma’had Al Jamiah, sehingga perlu dikoordinasikan bersama.

“Kapasitas Kelas Laboratorium Komputer yang ada untuk hari senin sampai sabtu, hanya sebanyak 29 kelas, mulai jam 7 hingga 17. Itupun jam 11 digunakan untuk kuliah, kecuali hari jum’at, sehingga tidak lagi menampung jumlah mahasiswa yang jumlahnya mencapai hampir 1000 mahasiswa, maka kami berinisiatif untuk berkorrdinasi fakultas dan unit terkait”, ungkap Mukhlis, kepala UPT TIPD.

Dalam kegiatan tersebut diputuskan alternatif berupa pengaturan jadwal sinkron tanpa menggunakan jam 7 s.d. 9 untuk perkuliahan dikarenakan untuk kegiatan Intensive Course. Namun akan ada perkuliahan malam dan menggunakan laboratorium internet untuk membantu pembelajaran dengan kelas kecil (kurang dari 15).

Alternatif selanjutnya adalah dengan mendata mahasiswa yang memiliki laptop dengan spesifikasi memenuhi standar perkuliahan untuk dimasukkan dalam kelas di laboratorium komputer 1 yang tidak ada komputernya.


“Mari kita bersama untuk dapat memenuhi keperluan yang disesuaikan dengan kondisi lapangan. Sebaiknya dikoordinasikan dan dijadwalkan supaya semua kegiatan dapat dilaksanakan tanpa mengorbankan kepentingan lain yang juga penting”, Penjelasan Abdul Qodir, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga dalam menutup kegiatan tersebut.

Kontak Kami

Masukan dan Kritikan Anda sangat berharga bagi Kami


Silakan menghubungi kami melalui kontak kami,
atau Anda dapat mengirim pesan melalui kontak pesan di bawah ini.
Saran dan masukan Anda sangat berharga bagi kami untuk peningkatan layanan kami.
salam hangat
UPT TIPD.


Mohon berkomentar dengan santun. Terima kasih.

Alamat

Gedung Laboratorium Terpadu Lt. 2 Kampus IAIN Palangka Raya
Jl. G. Obos Kompleks Islamic Centre Palangka Raya KP 73112

Telepon / SMS / Whatsapp

+(62) 858 2108 3000

Peta