TI-PD IAIN PALANGKA RAYA

Validasi Pembuatan SOP UPT. TIPD IAIN Palangka Raya

TIPD Palangka Raya – Standard Operating Procedure (SOP) adalah pedoman yang berkaitan dengan prosedur yang wajib dijalankan dalam suatu organisasi. Contohnya dalam sebuah organisasi, SOP organisasi adalah semua pedoman yang pegawai perlu lakukan untuk mendapatkan hasil kerja yang baik. Selain berkaitan dengan pedoman kerja, juga bisa berkaitan dengan hal-hal spesifik seperti ketika izin kerja, perpindahan tugas dan lain sebagainya.

Dalam penerapannya SOP memiliki beberapa fungsi. Pada dasarnya SOP yang sudah tersedia menjadi pedoman bagi tiap pegawai untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya. Selain itu juga ketika ada pegawai baru, maka cukup memahami SOP yang ada untuk mengerti tentang aturan serta budaya kerja. Di samping sebagai panduan kerja, SOP juga berfungsi sebagai:

  1. Dasar hukum – berkaitan dengan hak dan tanggung jawab dari masing-masing pihak;
  2. Informasi aturan atau tahapan pekerjaan;
  3. Pedoman disiplin kerja.

TIPD IAIN Palangka Raya selaku organisasi aktif pada tanggal 20 Aprill 2022 menyelenggarakan sosialisasi beberapa SOP yang telah dibuat di antaranya terkait pengelolaan PDDIKTI Institut, pengelolaan jaringan dan pengelolaan komputer. Kemudian setelah sosialisasi dilakukan validasi oleh stakeholder terkait seperti IAKN, Rektor IAIN Palangka Raya, LPM dan Kepala TIPD IAIN Palangka Raya.

Dalam menyusun SOP TIPD IAIN Palangka Raya tentu mengutamakan beberapa prinsip yaitu SOP yang diusulkan harus jelas dan mudah dipahami untuk menghindari munculnya salah paham ketika memahami maksud yang terdapat di pedoman itu sendiri, SOP yang diusulkan juga dinamis sehingga bisa menyesuaikan dengan kondisi yang ada, efektif, efisien, terukur sehingga dapat membantu organisasi mencapai tujuan atau targetnya, terbuka yang artinya bersifat transparan sehingga jelas semua hak dan tanggung jawabnya, dan harus memiliki kepastian hukum sehingga harus sesuai dengan hukum yang berlaku. (MK)